kurikulum Al-Quran-Hadis
Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan
peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan berakhlaq
mulia. Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta
didik yang bermartabat, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik
agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri, dan mampu meneladani Al-Qur’an-Hadis dalam kehidupan sehari-hari.
Kurikulum
disusun dan disain agar terciptanya keberlangsungan proses pendidikan yang
kondusif bagi peserta didik sehingga dapat hidup dan mandiri ditengah masyarakat
yang heterogen.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum
hasil refleksi, pemikiran dan pengkajian dari kurikulum yang telah berlaku
sebelumnya.
Kurikilum
ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan
di masa depan. Standar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk
menumbuhkan dan memberikan keterampilan bertahan hidup dalam kondisi yang
beragam dengan berbagai perubahan serta persaingan. Kurikulum ini diciptakan
untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, cerdas dalam membangun integritas
sosial, dan mewujudkan karakter
Pada
dasarnya kurikulum Al-Quran-Hadis ini masih terkait dengan standar isi dalam
Permendiknas Nomor 22. Penyusunan kurikulum Al-Qur’an-Hadis ini dengan
memperhatikan hal-hal berikut ini:
1.
Kurikulum Al-Qur’an-Hadis yang tertuang dalam Permen 22
pada jenjang sebelumnya (SD/MI)
2.
Kebutuhan siswa pada usia MTs yang pada dasarnya mulai
dikenakan hukum sebagai mukallaf (diwajibkan menunaikan ibadah mahdzoh
terlebih sholat)
Kurikulum Al-Qur’an-Hadis MTs ini merupakan
kelanjutan dan kesinambungan dengan kurikulum Al-Qur’an-Hadis pada jenjang MI
dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca Al-Qur’an-Hadis, pemahaman
surat-surat pendek dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
A.
Tujuan
Adapun tujuan dari mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis adalah:
1.
Meningkatkan kecintaan siswa terhadap Qur’an dan Hadis
2.
Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam
Qur’an dan Hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan
3.
Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih
sholat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat
dalam surat-surat pendek yang mereka baca
B.
Ruang
Lingkup
1
Membaca
/menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid
2
Menterjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman,
interpretasi ayat dan Hadis dalam memperkaya khazanah intelektual
3
Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur
pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Standar
Kompetensi Lulusan
- Memahami dan mencintai Al-qur’an dan Al-Hadis
sebagai pedoman hidup umat Islam
- Meningkatkan pemahaman Al-Qur’an Al-Fatihah, dan
surat pendek pilihan melalui upaya menerapkan cara membacanya,
menangkap maknanya, memahami kandungan isinya, dan mengaitkannya dengan
fenomena kehidupan.
- Menghafal dan memahami makna Hadis-Hadis yang
terkait dengan tema isi kandungan surat atau ayat sesuai dengan
tingkat perkembangan anak
D.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
KELAS VII
SEMESTER 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadis sebagai pedoman hidup
|
1.1 Menjelaskan
pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Al-Hadis
1.2 Menjelaskan
cara-cara menfungsikan Al-Qur’an dan Al-Hadis
1.3 Menerapkan
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam
|
2.
Mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadis
|
Menjelaskan cara mencintai Al-qur’an dan Al-Hadis
Menjelaskan perilaku orang yang mencintai Al-Quran dan
Al-Hadis
Menerapkan perilaku mencintai Al-Qur’an dan Al-Hadis
dalam kehidupan
|
3.
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam
kehidupan sehar-hari tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
|
3.1 Memahami
isi kandungan QS. Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas tentang Tauhid Rububiyah dan Uluhiyyah
3.2 Menerapkan
kandungan QS. Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan Al-Ikhlas dalam kehidupan
sehari-hari
|
4. Memahami
Hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
|
4.1
Menulis Hadis tentang iman dan ibadah
4.2
Menerjemahkan makna Hadis tentang iman dan ibadah
4.3
Menghafal Hadis tentang iman dan ibadah
4.4
Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Hadis tentang
iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
4.5
Menerpakan isi kandungan Hadis tentang ciri iman dan
ibadah yang diterima Allah
|
KELAS VII
SEMESTER 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
5. Membaca Al-Qur’an surat pendek
pilihan
|
5.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam
Q.S. Al-Bayyinah dan Al-Kafirun
|
6. Menerapkan Al-Qur’an
surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi
|
6.1 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Bayyinah tentang toleransi
6.2 Memahami keterkaitan isi kandungan Q.S.
Al-Kafirun dan Al-Bayyinah tentang
membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan
6.3 Menerapkan kandungan Q.S. Al-Kafirun dan
Al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari
|
7.
Menerapkan Al-Qur’an surat-surat pendek pilihan dalam
kehidupan sehari-hari tentang problematika da’wah
|
7.1 Memahami isi kandungan QS. Al-Lahab dan
An-Nashr tentang problematika dakwah
7.2.
Menerapkan kandungan QS. Al-Lahab dan An-Nashr dalam kehidupan sehari-hari
|
F. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar